Minggu, 09 Januari 2011

HAPPY NEW YEAR 2011

Apa, Kenapa dan Bagimana tentang RESOLUSI

Biarkan tahun 2010 menjadi memori dan pengalaman berharga buat menatap masa depan lebih cerah. Tahun baru datang, waktunya melakukan perubahan dan mewujudkan! Bagaimana caranya agar sejumlah rencana yang udah tersusun ini bisa dirangkul lalu terwujud. Nah, ada sejumlah poin kunci agar ngejalanin hari – hari di tahun yang baru lebih bersemangat lagi.
Menyusun RESOLUSI setiap tahun baru biasanya udah jadi ritual wajib bagi sejumlah orang. Karena dengan adanya semacam rencana – rencana itu bisa di wujudkan alias bukan coretan di buku diary semata, ada beberapa poin pentingnya nih.
Sebelum ngejabarin panjang lebar, mesti tahu dulu nih apa itu resolusi? Hmmmm, simpel aja kok, resolusi merupakan target yang bakal dicapai. Lantas kenapa seseorang harus menyusun resolusi di setiap tahunnya??? Simple juga nih jawabannya, karena setiap pencapaian besar yang kita raih, berawal dari perencanaan. Nggak bakal ada yang namanya sukses tanpa rencana. Kesuksesan pun nggak bisa di dapat hanya semalam. Nah, untuk bisa merengkuh kesuksesan itu ada beberapa poin pentingnya nih yang perlu diketahui.
Pertama, resolusi yang dibuat harus realistis. Kekeliruan atau kesalahan yang dilakukan setahun silam kudu jadi pelajaran yang berharga. Jangan diulang kesalahannya, tapi kalo bisa dicari solusinya. Nah, solusi itulah yang harus dilakukan di tahun yang baru. Misalkan kalo di tahun lalu berencana menurunkan berat badan dan nggak berjalan sesuai rencana, tahun ini harus dipaksakan bisa. Karena sebelumnya selalu makan tengah malam setiap hari, coba lakukan perubahan dengan cara makan malam tepat waktu yakni nggak boleh lewat pukul 7 malam atau mengurangi kadar karbohidratnya. Lalu hidup sehatnya juga perlu diberlakukan. Tambah dengan olah raga.
Kedua, susun resolusi secara bertahap. Nggak ada yang namanya sukses karena semalam suntuk. Kalo mau turun berat badannya, kan nggak mungkin karena nggak makan seharian. Tentunya ada tahapan juga. Ada aja yang mesti dilakukan.
Ketiga, harus ada Evaluasi. Evaluasi ini datangnya dari resolusi yang dicanangin tahun sebelumnya. Kali aja ada beberapa resolusi tahun silam yang belum kesampean. Pelajari lagi resolusi tahun lalu. Kalo masih memungkinkan diwujudkan, bikin persiapan ulang.
Keempat, adalah mencatat semua rencana yang bakal dilakuin di tahun baru. Cara menulisnya kudu pake bahasa yang tegas. Biar kalo membaca ulang, agak terlecut semangatnya untuk melakukan resolusi tersebut. Berikutnya adalah mengontrol perkembangan diri secara periodik. Misalkan kalo sering bangun siang, kontrol perkembangannya selama satu minggu. Apakah ada perubahan yang positif. Selanjutnya ini sederhana tapi rupanya penting loh. Menjalani kebiasaan positif. Mulai dari obrolan yang positif hingga cara berfikir yang positif kudu dilakuin tuh. Karena berpikir buruk atas diri sendiri, potensi untuk mencapai tujuan bisa sirna.
Next, kalo udah berpikir positif, potensi diri bisa berkembang sesuai koridor. Dengan begitu, kita nggak bakal mencari alasan atau kambing hitam atas kondisi yang terjadi saat ini. Kalo mau jadi sarjana, jangan berpikir sudah terlambat untuk kembali ke kampus. Justru katakan anda bisa! Karena meraih gelar sarjana kan nggak ada batasan usia. Lalu, jangan lupa sukses juga perlu dukungan loh. So cari dukungan orang paling dekat. Bisa keluarga atau teman. Bergabung dengan orang lain atau kenalan baru yang punya rencana sama dengan kita, biar lebih termotivasi.
Poin berikutnya juga penting nih, masalah bisa datang kapan aja. Karena masalah akan membuat kita dewasa dan kuat, pintar – pintar deh mengatasi masalah. Belajar mengatasi masalah yang muncul itu perlu. Cari solusi, biar dekat dengan perwujudan resolusi. Terakhir nih, sukses itu boleh dirayakan. Perubahan positif yang udah silakan rayakan kalo sukses. Dan kalo gagal, lekas bangkit. Hargai usaha dengan nggak nyalahin diri sendiri. Berpikirlah kalo sekarang kita gagal, berarti esok bisa memperbaiki dan berbuat lebih baik. Hayo, mau sukses kuncinya diri kita sendiri!!

♥Love
HwaBiFy☺

Tidak ada komentar:

Leelou Blogs